Selasa, 27 Februari 2024

Kuliner Unik, Nasi Jagung dan Botok Yuyu Bu Sumiati Kudus

Anggara Jiwandhana
Minggu, 26 November 2023 11:15:00
Presenter Sakjose tengah menunjukkan kuliner Nasi Jagung Botok Yuyu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Petualangan menjelajahi kuliner-kuliner unik yang tersembunyi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama Sakjose Murianews kembali berlanjut. Kali ini, Sakjose menemukan sebuah warung makan yang menjajakan penganan nasi jagung dan botok yuyu di pinggir Kota Kretek.

Tepatnya di Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Lokasi ini, bisa dibilang sangat hidden gem alias tersembunyi dan mblusuk. Karena lokasinya, memang melewati area persawahan dan jalan pertanian di Desa Undaan Lor.

Bagi warga setempat, warung dengan nama Warung Makan Nasi Jagung dan Botok Yuyu Bu Sumiati ini sejatinya sudah cukup tersohor. Namun, jika masyarakat awam ingin menjajalnya, bisa langsung mencari saja di google maps dengan nama yang sama. Lokasinya, telah sesuai dengan titik mapsnya.

Warung ini berkonsep sederhana dengan menyajikan penganan-penganan khas citarasa pedesaan. Sayur lodeh, semur ikan, dan makanan lainnya. Namun, yang paling diburu adalah nasi jagung dan botok yuyu-nya. Ada juga keong srutup dan pepes besusul yang tak kalah punya pamor.

Semua itu dipadukan dengan hawa yang adem nan sejuk karena sepoi-sepoinya angin persawahan. Maklum saja, warung ini memang berada di tengah area persawahan.

Soal rasa, nasi jagung di Warung Sumiati ini bisa dibilang memiliki tekstur lembut dan tawar. Nasi ini sangat cocok untuk penyantap yang sedang berdiet.

Sementara untuk botok yuyunya, memiliki rasa rempah yang kuat yang berpadu dari citarasa yuyu (kepiting air tawar) yang ditumbuk. Rasanya seolah menyantap penganan ikan air tawar.

”Ada banyak aneka makanan di sini, namun yang paling sering dicari ini ya nasi jagung botok yuyu, ada paketannya juga ini,” kata Sumiati kepada Tim Sakjose Murianews.com.

Paketan tersebut ialah nasi jagung, botok yuyu, gimbal teri, keong srutup dan daun singkong. Seporsi ini, harganya dibanderol dengan Rp15 ribu saja. Ketika dipadu-padankan, rasa dari nasi jagungnya pun akan semakin meningkat.

”Orang-orang lebih sering pesan yang paketan, katanya biar bisa mencicipi semua, tapi memang biasanya kami sarankan pesan yang paket ini supaya nasi jagungnya bisa semakin meningkat rasanya,” ungkapnya.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mengetahui lebih lanjut rasa dan penyajian paket komplit nasi jagung ini, bisa menonton liputan sakjose murianews di link berikut ini: (608) (SAKJOSE) Hiden Gems! Nasi Jagung & Botok Yuyu Bu Sumiati, Kuliner Unik Kudus di Tengah Sawah – YouTube.

Editor: Budi Santoso

Komentar