Selasa, 27 Februari 2024

Cobain Sensasi Makan Roti Kamir di Kudus Ini, Empuk dan Legit

Anggara Jiwandhana
Senin, 15 Januari 2024 12:35:00
Roti kamir khas pekalongan (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Nama penganan ini adalah Roti Kamir. Roti ini punya rasa yang lembut dan legit mirip kue pukis. Namun, kamir punya tekstur yang sedikit lebih padat.

Dari segi bentuk pun berbeda, kamir lebih kepada bulat sempurna. Sementara pukis, dia lebih melonjong.

Roti ini berbahan dasar utama tepung dan tape singkong. Proses masaknya pun lumayan gampang. Adonan kamir tinggal dituangkan saja ke dalam loyang dan dicetak sesuai bentuk. Kemudian diisi dan dibolak-balik agar matang merata di tiap sisinya.

Ketika dimasukkan di dalam loyang, wangi harum akan tercium semerbak. Lazimnya, dalam kamir akan diisi sejumlah isian. Mulai dari keju hingga coklat. namun ada juga yang original alias tanpa isi.

Kamis sendiri paling enak disantap ketika sedang panas, teksturnya yang padat akan terasa sangat lembut ketika momen tersebut. Dipadukan dengan teh atau kopi, kamir akan menjadi penganan yang mengenyangkan.

Pedagang roti kamir Ridho Yahya mengatakan, sejatinya ada beberapa versi kamir yang masuk ke Indonesia. Namun yang dia jual ini adalah roti kamir versi Pekalongan. Bentuknya bulat seperti dorayaki.

”Aslinya bahkan lebih besar dari ini, jadi saat penyajiannya harus dipotong empat iris. Namun saya jualnya yang bisa langsung dimakan,” katanya pada Murianews.com.

Satu picis roti kamir tersebut dia banderol dengan harga Rp 2 ribu hingga Rp 2.500 saja. Biasanya, orang-orang akan langsung kenyang hanya dengan cukup memakan dua picis saja.

”Karena memang kamir ini mengenyangkan, silakan dicoba saja, rasanya manis dengan aroma yang khas,” ujarnya.

Yahya sendiri menjajakan roti kamirnya di seputaran Gedung PPRK Kudus, di Jalan Veteran, Desa Glantengan, Kecamatan Kota, Kudus.

Dia buka mula pukul 06.00 WIB hingga sebelum waktu zuhur.  ”Silakan berkunjung dan mencicipi kamir kami,” pungkasnya.

Editor: Cholis Anwar

Komentar