Selasa, 27 Februari 2024

Unik, Sate Jamur di Kudus ini Punya Rasa Mirip Sate Kambing

Anggara Jiwandhana
Minggu, 21 Januari 2024 15:38:00
Mas Adi Kribow saat kulineran di Sate Jamur Pak Hanafi (Murianews/Sakjose)

Murianews, Kudus – Petualangan menjelajahi kuliner-kuliner unik yang tersembunyi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama Sakjose Murianews kembali berlanjut. Kali ini, Mas Adi Kribow Cs mencoba sebuah kulinernya para vegetarian, yakni jamur.

Tepatnya di Warung Sate Jamur Pak Hanafi di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo,  Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Cukup search nama warungnya di Google Maps, maka kamu akan diantar tepat di titik tersebut.

Rasa sate jamur dari Pak Hanafi ini tergolong unik. Bagaimana tidak, meski satenya berasal dari 100 persen jamur tiram putih, namun rasanya benar menyerupai sate kambing. Dari tekstur hingga rasa keduanya punya kemiripan. Meski memang tidak benar-benar persis sate kambing pada umumnya.

Bumbu dan resep rahasia mereka cukup main di rasa sate jamur yang dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per 10 tusuk ini.

Kalau kamu ingin mencoba penganan lainnya, mereka juga menyediakan olahan jamur selain sate. Ada sop jamur, swike jamur, mie jamur, oseng jamur hingga jamur geprek. Lumayan variatif bukan?

Mas Adi Kribow sendiri melabeli penganan ini dengan ”Sakjose tenan!” alias enak sekali.

”Sate jamur ini, rasanya Sakjose tenan!, bagi kalian pecinta jamur, kamu wajib ke sini, di maps sudah ada,” tutur Mas Adi Kribow.

Pemiliknya, Pak Hanafi mengatakan, warung makannya memang fokus menyajikan olahan jamur. Terkhusus jamur tiram putih. Teksturnya yang kenyal membuat bahan makanan ini cukup menyerupai daging namun darah tinggi dan kolestrol friendly alias ramah bagi penderita kolestrol dan darah tinggi.

Harganya pun relatif terjangkau. Di mana, per porsi olahan jamur tersebut dibanderol mula dari Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu.

Warung Pak Hanafi sendiri buka hampir tiap hari. Bila kamu berminat mampir, datanglah sebelum pukul 21.00 WIB. Karena kalau lebih dari jam itu warungnya sudah tutup.

Editor: Dani Agus

Komentar