Selasa, 27 Februari 2024

Ini Cara Masak Ati Ampela Agar Kenyal dan Gurih Tanpa Rasa Pahit

Dani Agus
Rabu, 27 September 2023 11:43:00
Ilustrasi masakan ati ampela (freepik.com)

Murianews, Kudus – Jeroan ayam, seperti ati ampela bisa diolah jadi menu makanan yang lezat. Namun, tentu saja cara mengolahnya juga tidak bisa sembarangan.

Jika asal membikin masakan dari ati ampela maka teksturnya tidak bisa empuk. Bahkan, bisa juga muncul rasa pahit yang dapat menurunkan selera makan.

Agar enak rasanya, ada teknik mudah yang bisa dilakukan. Berikut cara masak ati ampela biar kenyal, gurih, dan tidak pahit, dilansir dari laman Sasa, Rabu (27/9/2023).

Cara Memilih Ati Ampela yang Tepat

 Pilih ati ampela yang memiliki warna merah segar yang merata di seluruh bagiannya. Hindari ati ampela yang memiliki warna selain merah segar tersebut karena dikhawatirkan sudah terkena cairan empedu yang membuat ati ampela jadi terasa pahit.

Pilih ati ampela yang terasa kenyal dan elastis. Hindari ati ampela yang terasa lembek atau terlalu keras agar mudah diolah.

Ati ampela yang segar seharusnya tidak memiliki bau yang menyengat atau amis. Ati ampela berbau segar biasanya didapatkan jika kamu ke pasar pagi-pagi sekali. Soalnya, matahari belum naik, apalagi seringkali penjual di pasar meletakan jeroan secara terbuka. Protein yang terkena sinar matahari akan menimbulkan bau.

Masih berhubungan dengan poin di atas, sebaiknya ati ampela yang dibeli memang yang tersimpan dengan baik pada suhu dingin agar tetap segar lebih lama tanpa terkontaminasi. Jangan lupa pastikan memeriksa tanggal produksi untuk memastikan kesegaran ati ampela tersebut, ya.

Anda harus tahu kalau ati dan ampela adalah dua bagian dari organ dalam ayam yang memiliki perbedaan sedikit dalam tekstur dan letaknya. Ati memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah hancur ketika dimasak. Biasanya ati digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, sate, atau tumis. Sedangkan ampela memiliki tekstur yang lebih kenyal dan sedikit mengunyah. Biasanya ampela digunakan dalam masakan seperti sate ampela, sambal goreng, atau digoreng sebagai camilan.

Tips Memasak Ati Ampela

Apapun cara kamu masak ati ayam atau ampela ayam nanti, simak dulu tips berikut supaya ati ampela siap dimasak dalam kondisi terbaiknya!

1. Rendam di air jeruk nipis biar gak amis

Langkah pertama masak ati ampela ini gampang banget. Cukup iris ati ampela dan rendam di air jeruk nipis selama setengah jam. Nah, jeruk nipis ini bikin ati ampela lebih kenyal dan lezat, dan yang pasti, bau amisnya bakal tersamarkan.

2. Cuci lendir pada ati ampela pakai air garam

Setelah direndam dan bau amisnya hilang, saatnya mencuci ati ampela dengan air garam. Caranya cukup larutkan beberapa sendok teh garam ke dalam air, lalu rendam ati ampela selama beberapa menit. Garamnya akan menghilangkan lendir dan bau tak sedap. Masak ati ayam jadi lebih nyaman tanpa amis!

3. Rendam dalam bumbu rempah atau santan

Kalau sekarang saatnya bikin ati ampela jadi lebih gurih dengan rempah atau santan. Di panci, bisa tambahkan air, bawang putih cincang, jahe parut, serai, daun salam, dan lada bubuk.

4. Rebus ati ampela supaya gak berdarah!

Setelah ati ampela direndam, saatnya diolah lebih lanjut dengan merebusnya di larutan rempah atau santan, supaya ati ampela tidak mengeluarkan cairan darah lagi saat kamu masak hati ayam atau masak ati ampela nanti. Selain itu, bumbu atau santan juga bisa makin meresap.

5. Lumuri dengan bumbu spesial biar makin gurih

Langkah terakhir juga tak kalah penting. Masukan ati ampela ke campuran kecap manis, kecap asin, saus tiram, sedikit gula, dan merica bubuk.

Kalau sudah diolah dengan baik, saatnya kamu menggoreng, memanggang, atau merebus ati ampela sesuai selera. Mau dimakan langsung atau dijadikan lauk, pasti kelezatannya bikin nagih.

Komentar