Selasa, 27 Februari 2024

Jepara Bakal Bikin Rekor MURI, Sajikan 9.200 Porsi Pindang Serani

Faqih Mansur Hidayat
Selasa, 16 Januari 2024 15:12:00
Pindang Serani. (Instagram/@dellasuzura)

Murianews, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara bakal membuat catatan rekor baru di Musium Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Kali ini, Pemkab Jepara mencoba membuat rekor dengan menyajikan 9.200 porsi pindang serani.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, Farikhah Elida mengatakan, pemecahan MURI ini sekaligus menyemarakkan kampanye Gemar makan ikan (Gemarikan) di Jepara. Apalagi Jepara merupakan wilayah pesisir yang kaya potensi perikanan.

”Gemarikan atau konsumsi ikan menjadi salah satu upaya pemenuhan gizi untuk menekan angka stunting di Kota Ukir,” kata Elida, Selasa (16/1/2024).

Elida menyampaikan, kegiatan pemecahan rekor MURI sajian pindang serani terbanyak rencananya digelar, Kamis (25/1/2024) di obyek wisata Pantai Bandengan Jepara.

Kegiatan ini diikuti masyarakat umum, perangkat daerah, camat, dan petinggi desa. Selain itu juga bekerja sama dengan chef di Kabupaten Jepara.

Alhamdulillah segala persiapan sudah kami laksanakan bersama perangkat daerah. Semoga berhasil untuk pemecahan rekor MURI kali ini,” kata Elida.

Elida menjelaskan, pindang serani dipilih karena merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Jepara. Pindang serani merupakan sup ikan laut dengan rasanya yang khas, yakni perpaduan antara pedas, asam manis.

Kuliner ini biasanya disajikan di siang hari. Biasanya, pindang serani disajikan untuk tamu-tamu pejabat yang hadir dari luar daerah ke Jepara. Namun, juga menjadi masakan harian masyarakat setempat.

Pemecahan rekor MURI sajian bahan ikan ini bukan kali pertama, sebelumnya Pemkab Jepara telah berhasil mencatatkan rekor membakar ikan oleh pejabat terbanyak pada bulan Oktober 2023 lalu, di Pantai Telukawur, Kecamatan Tahunan. Ada 5 ribu ikan dibakar dengan bumbu serepeh khas Jepara.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar