Selasa, 27 Februari 2024

Segarnya Sayur Bening Khas Pesisir Jepara, Coba Saja deh

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 17 Januari 2024 20:58:00
Sayur bening khas pesisiran Jepara yang segarnya menggoda. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Berbatasan langsung dengan garis pantai membuat Kabupaten Jepara kaya kuliner khas pesisir. Salah satunya adalah sayur bening yang dipadukan dengan ikan.

Ada satu warung kecil di jalan Brigjen Katamso atau sebelah timur Gedung DPRD Jepara. Warung itu sudah berdiri puluhan tahun.

Menu utamanya yaitu sayur bening. Sekilas tak ada bedanya dengan sayur bening lainnya yang berisi jagung sayur, sawi atau bayam dan labu.

Namun bedanya, di warung ini sayur bening dijodohkan dengan ikan goreng yang dibalut dengan sambal yang pedasnya bukan main. Yang menjadi favorit pelanggan yaitu ikan giant trevally dan kakap.

Ikan goreng tersebut ditaruh di satu piring tersendiri. Piring dipenuhi sambal dan lalapan. Seperti toge daun kemangi dan timun. Pembeli juga bisa meminta tambahan tempe kukus atau tempe goreng. Gurihnya tempe dijamin akan menambah sedap sayur bening, yang kata sebagian orang bikin gobyos atau keringatan karena saking pedasnya itu.

Sayur bening ini tak begitu mahal. Satu porsi sayur bening, nasi putih dan ikan laut ukuran sedang hanya dibanderol seharga Rp 30 ribu.

Karena tempatnya yang kecil, warung tersebut kerap dipandang sebelah mata. Padahal, pelanggannya kebanyakan dari kalangan pejabat. Para pejabat ketagihan dengan kuliner khas masyarakat pesisiran Jepara itu.

Jika kamu ingin mencicipi kuliner ini, kamu harus cepat ketika warung ini buka. Biasanya, warung legendaris ini buka menjelang jam makan siang. Seringkali, sebelum pukul 14.00 WIB, warung sudah tutup karena dagangan ludes.

Gimana, mau coba?

Editor: Dani Agus

Komentar