Selasa, 27 Februari 2024

Mencicipi Lezatnya Bakmi Cina di Jepara

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 24 Januari 2024 15:56:00
Lezatnya bakmi Cina di Kedai Bersemi Jepara. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Musim penghujan paling tepat makan olahan berkuah. Biasanya, bakso atau bakmi Jawa menjadi pilihan banyak orang. Namun jika ingin memilih varian lain, bakmi Cina bisa menjadi pilihan yang patut dicoba.

Di Jepara, Jawa Tengah, ada sebuah tempat kuliner bernama Kedai Bersemi. Kedai ini menawarkan beragam kuliner khas Cina, terutama bakmi.

Kedai ini beralamat di Jl. Dr. Sutomo Nomor 17, Kelurahan Kauman, Kecamatan Jepara. Lokasinya cukup mudah dicapai karena berada di kawasan Jepara kota.

Menu andalan di Kedai Bersemi adalah olahan bakmi. Tiga daftar menunya adalah bakmi gurih, bakmi Yamin dan bakmi pangsit rebus. Bakmi Yamin menjadi menu terfavorit pelanggan.

Sekilas Bakmi Yamin mirip dengan mie ayam. Namun rasanya tentu sangat berbeda. Dengan bumbu khas Cina, Bakmi Yamin cenderung lebih gurih. Tekstur mie-nya kenyal dan padat. Kuahnya sangat segar.

Pemilik Kedai Bersemi adalah Retno Rahma Safitri (32). Wanita ini menyebut, membuat sendiri Bakmi Yamin, termasuk mie yang digunakannya.

“Teksturnya pasti beda dengan bakmi-bakmi yang lain. Karena bikin sendiri. Terus fresh setiap hari. Pasti habis,” kata Retno, Rabu (24/1/2024).

Retno mengaku sengaja membuat bakmi khas Cina karena di jepara belum ada yang menjual sebelumnya. Sehingga, meskipun pasarnya sangat segmented, penikmatnya tetap banyak. Setiap hari ratusan porsi ludes diserbu pembeli dari berbagai kalangan.

Belum satu bulan berdiri, Kedai Bersemi sudah berhasil memikat lidah masyarakat Jepara. Selain terpikat dengan Bakmi Yamin, menu Wonton juga punya daya pikat tersendiri. Lagi-lagi, bumbu khas Cina menjadi andalan di sini.

“Awalnya didorong teman-teman untuk buka kedai. Ternyata di luar ekspektasi. Banyak orang suka,” kata perempuan yang pernah dua tahun menjadi dosen di Thailand ini.

Selain rasa yang lezat, Retno mematok kuliner buatannya itu relatif terjangkau, sehingga banyak yang datang membelinya. Untuk Bakmi Yamin dijual di harga Rp18 ribu seporsi, bakmi gurih Rp18 ribu seporsi dan bakmi pangsit rebus Rp23 ribu seporsi.

Kemudian untuk harga pangsit goreng dipatok Rp15 ribu seporsi, wonton sup Rp18 ribu seporsi dan wonton chili oil Rp18 ribu seporsi. Kedai bersemi buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB. Dan tutup pada pukul 21.00 WIB. Tidak ada salahnya dicoba.

Komentar