Selasa, 27 Februari 2024

Resep Memasak Ikan Tombro yang Bisa Mama Coba, Gampang Banget

Saiful Anwar
Jumat, 2 Februari 2024 12:27:00
Ikan tombro dan sambal kecap. (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, GroboganIkan tombro merupakan ikan air tawar yang banyak dipakai untuk mengisi kolam pemancingan. Ikan tombro dewasa biasanya berukuran selebar telapak tangan orang dewasa. 

Yudha, seorang pemilik warung makan ikan air tawar membagikan resep memasak ikan tombro kepada Murianews.com, Jumat (2/2/2024). Menurutnya, setidaknya ada dua cara memasak ikan tombro. Pertama dengan bumbu kuning, kedua dengan sambal kecap. 

Sebelum digoreng, ikan tombro mesti dibersihkan dulu untuk mengurangi bau amis. Kemudian, ikan tombro sebaiknya diguyur dengan perasan jeruk untuk menghilangkan bau amis.

Berikutnya, ikan dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu yang telah dilahuskan berupa kunir, bawang putih, garam, ketumbar dan penyedap rasa. Kemudian goreng ikan yang telah dimarinasi tersebut hingga berwarna keemasan.

Setelah ikan goreng siap, berikutnya menyiapkan bumbu kuning. Cara membuat bumbu kuning cukup mudah. Jenis bumbu mesti disiapkan yakni bawang merah, bawang putih, salam, laos, jahe, daun jeruk, ketumbar, dan cabai. 

”Gampangnya empon-empon. Itu semua disebutnya empon-empon, dan ditambah beberapa bumbu dapur,” katanya.

Semua jenis bumbu itu kemudian ditumis, dan tunggu hingga sekitar lima menit. Setelah aromanya terasa, siram dengan santan dan air secukupnya. 

”Setelah itu, ikan yang sudah dibersihkan, dimasukkan dan tunggu hingga 10 menitan,” tambahnya. 

Setelah terlihat matang, ikan tombro bumbu kuning siap disajikan. 

Cara kedua yakni menikmati ikan tombro dengan sambal kecap. Caranya lebih sederhana dibanding bumbu kuning. 

Mama hanya perlu menyiapkan cabai, bawang putih, jeruk, mrica, tomat, dan kemudian diberi kecap. Ikan tombro sambal kecap siap disantap.

Editor: Supriyadi

Komentar