Selasa, 27 Februari 2024

7 Kuliner Khas Brebes yang Sayang Jika Terlewatkan

Supriyadi
Jumat, 1 September 2023 18:03:00
Sate Blengong. (pingpoint.co.id)

Murianews, Brebes – Brebes dikenal dengan ragam kulinernya yang sangat unik karena sangat jarang ditemukan di kota-kota lain. Karena itu sangat disayangkan jika terlewatkan.

Nah, bagi Anda yang sedang berada di Brebes jangan sampai kelewatan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut makanan khas kota Brebes:

Sate Blengong

Sate khas Brebes ini cukup populer karena tidak hanya menjadi favorit bagi masyarakat setempat, tetapi juga bagi wisatawan. Yang membedakan Sate Blengong dengan sate pada umumnya ada pada ukurannya yang lebih panjang dan juga daging yang digunakan adalah daging hewan blengong, unggas hibrid perpaduan dari daging bebek dan entok.

Soto Brebes

Soto Brebes memang berbeda dengan soto yang ada di kota lain. Namun, ciri yang paling mencolok adalah khas kuah yang melimpah dan juga menggunakan daging ayam suwir.

Dalam sajian soto ini terdapat beberapa bahan, mulai dari kubis, kecambah hingga bumbu pelengkap lainnya. Untuk Anda yang suka dengan olahan soto, rasanya sangat sayang untuk melewatkan kuliner satu ini.

Nasi putih hangat juga turut sebagai pendamping dan menjadi sumber karbunya. Sekalipun di dalamnya ada tambahan soun tetap saja akan makin kenyang dengan nasi.

Telur Asin

Telur Alun menjadi salah satu ikon dari kota Brebes yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk menemukan panganan satu ini memang tidaklah sulit.

Hampir di sepanjang jalur Pantura, Anda bisa mudah menemukannya. Uniknya, telur asin di Brebes ini memiliki beberapa varian, mulai dari rebus asin super, telur asin panggang, telur rebus asin angon hingga telur asin bakar.

Masing masingnya tentu memiliki perbedaan rasa yang khas. Tidak hanya bisa langsung dikonsumsi, Anda juga bisa menjadikan kuliner ini sebagai buah tangan untuk kerabat di rumah.

Kupat Glabed

Kupat Glabed merupakan kuliner ini diolah dari daging yang dipotong dadu, daun pepaya muda, dan santan yang diberi kunyit sehingga menghasilkan warna kuning yang mirip dengan kuah opor.

Kupat Glabed memiliki perpaduan rasa manis dan gurih, ditambah lagi dengan taburan bawang goreng dalam penyajiannya.

Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah nasi hangat dengan aneka lauk pauk seperti tempe goreng tauge, tahu goreng dan mentimun sebagai lalapannya. Yang membuat berbeda adalah, Kemudian nasi akan siram sambal kacang sehingga menghadirkan rasa gurih, manis dan asin.

Biasanya agar lebih nikmat, Nasi Lengko dimakan bersama kerupuk dan bawang goreng.

Kepiting Soka

Salah satu olahan seafood khas Brebes adalah Kepiting Soka, dan juga menjadi salah satu yang terfavorit dari kuliner khas Brebes. Olahan kepiting ini dimasak hingga cangkangnya menjadi lunak sehingga mudah dimakan.

Kemudian dicampur dengan saus pedas dan rempah khas.Kepiting Soka ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari bumbu rendang, asam manis, rica rica dan masih banyak lagi lainnya.

Rujak Belut

Jika rujak pada umumnya terbuat dari potongan buah-buahan, maka rujak khas Brebes terbuat dari belut. Rujak Belut khas Brebes ini dipercaya sudah menjadi makanan khas sejak puluhan tahun lalu dan resepnya adalah hasil turun menurun sehingga cita rasanya sangat khas dan unik.

Komentar