Selasa, 27 Februari 2024

Rujak Belut, Kuliner Khas Brebes yang Bikin Ketagihan

Supriyadi
Senin, 4 September 2023 18:52:00
Rujak Belut (kabupatenbrebes.wordpress.com)

Murianews, Brebes – Bagi kamu yang suka banget dengan kuliner, jangan lupa mencicipi rujak belut saat berada Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Meski belut terkesan ekstrem, tapi kuliner ini membuat banyak orang ketagihan.

Melansir dari berbagai sumber, rujak belut ini tidak disajikan seperti rujak buah. Akan tetapihampir sama dengan pecel atau gado-gado. Hanya saja bahan dasarnya belut yang digoreng yang disiram dengan bumbu kacang.

Dalam proses penggorengannya, belut terlebih dahulu dibalut dengan rempat dan bumbu sederhana agar gurih. Beberapa di antaranya adalah bawang putih, kemiri, jahe, laos, kunyit, dan bawang merah.

Sementara bumbu kacang untuk sambalnya tersedia dalam kondisi kering berupa kacang tanah tumbuk yang sudah dicampur dengan beberapa bahan lain, seperti asem Jawa, gula, penyedap rasa, jahe yang diulek halus.

Tekstur daging belut yang empuk ini lah yang membuat bumbu kacang tersebut semakin meresap. Dari sinilah, banyak konsumen yang ketagihan.

Selain iturujak belut ini dipercaya penikmatnya bisa meningkatkan stamina tubuh. Bagi sebagian warga masyarakat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, makanan ini merupakan jenis makanan yang sudah melegenda lebih dari 40 tahun lalu.

Bagi kamu yang penasaran, warung rujak belut ini mudah didapati di banyak wilayah di Kabupaten Brebes. Salah satu pusatnya berada di Kecamatan Kersana.

Nah, selamat mencoba ya...

Komentar