Selasa, 27 Februari 2024

Lima Kuliner Purbalingga Ini Sayang Jika Terlewatkan

Supriyadi
Selasa, 12 September 2023 17:14:00
Soto Kriyik. (TV One/Sonik Jatmiko)

Murianews, Purbalingga – Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah memiliki banyak kuliner yang menggoyang lidah. Dari sekian banyaknya kuliner, setidaknya ada lima kuliner yang sangat sayang jika terlewatkan.

Melansir dari berbagai sumber, lima kuliner ini mudah didapat dan nikmatnya dijamin membuatmu ketagihan. Apa saja itu?

Soto Kriyik

Sroto Kriyik sudah sangat dikenal di Purbalingga. Yang membedakan sroto di daerah yang terkenal dengan kata “inyong” ini adalah cara penyajiannya.

Sroto kriyik biasa disajikan dengan menggunakan ketupat, suwiran daging ayam, krupuk yang diremas, serta saus kacang yang cenderung pedas dan sedikit manis.

Menariknya, tulang lunak ayam yang dagingnya sebelumnya sudah disuwir akan digoreng terlebih dulu lalu disajikan sebagai pelengkap sroto.

Rasanya yang gurih serta sensasi kriuk di mulut itulah yang membuat makanan satu ini disebut sebagai sroto kriyik. Jadi, sayang sekali jika melewatkan kuliner lezat dan ramah kantong ini.

Soto Bancar

Soto ini memiliki keunikan dengan menggunakan ketupat sebagai pelengkapnya, berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan nasi.

Selain itu, kamu bebas memilih jenis daging yang, seperti ayam, sapi, atau jeroan. Bumbu kacang dan kaldu dari makanan ini juga berbeda, memberikan cita rasa yang khas pada Soto Bancar.

Gulai Melung

Gulai Melung adalah hidangan gulai yang terbuat dari daging kambing sebagai bahan utamanya. Selain daging, bagian-bagian lain dari tubuh kambing seperti sumsum, babat, kepala kambing, dan kaki kambing juga digunakan dalam pembuatan Gulai Melung ini.

Gulai Melung biasanya berisi tambahan ketupat sebagai pelengkapnya. Ketupat menambah kelezatan hidangan ini dengan teksturnya yang lembut dan padat.

Nopia

Makanan lezat ini terbuat dari tepung terigu dengan isian gula merah di dalamnya. Saat menikmati Nopia, kamu akan dimanjakan dengan harmoni rasa gurih dan manis yang khas.

Selain itu, tersedia berbagai varian rasa yang dapat kamu pilih, seperti coklat, susu, dan keju. Kamu juga dapat menikmati variasi rasa yang menarik sesuai dengan seleramu.

Sate Blater

Seperti soto, sate juga termasuk kuliner Indonesia di mana setiap daerah memiliki jenis sate yang berbeda-beda termasuk salah satunya adalah di Purbalingga. Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki satu sajian sate yang dinamai sate blater.

Meski sama-sama berbahan dasar daging ayam, ada sedikit hal yang membedakan sate blater dengan sate madura maupun sate lainnya. Perbedaannya terletak pada cara mengolahnya.

Jika biasanya tusukan daging ayam dibakar saat masih mentah, untuk daging ayam yang digunakan dalam sate blater ini direndam sekaligus direbus dalam campuran bumbu terlebih dahulu.

Bahkan saat akan dibakar pun setiap tusuk sate blater masih harus diolesi dengan bumbu. Cara ini dilakukan agar cita rasa yang dihasilkan terasa hingga ke dalam daging daging.

Proses memasak seperti ini juga membuat sate blater bisa bertahan hingga dua hari.

Nah itu tadi lima kuliner yang harus kamu coba saat ke Purbalingga. Jangan sampai lupa ya.

Komentar