Selasa, 27 Februari 2024

Apem Comal, Kuliner Nikmat Khas Pemalang

Supriyadi
Kamis, 21 September 2023 16:32:00
Apem Comal. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Pemalang – Bagi kamu yang sedang berada di Pemalang jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini. Namanya Apem Comal. Kuliner ini merupakan kudapan yang mirip dengan serabi.

Melansir dari laman Visit Jawa Tengah, nama Apem Comal diambil dari kawasan Comal. Nama itu disematkan karena banyak pedagang apem yang berasal dari daerah tersebut.

Sementara, dari bahannya, jajanan ini dibuat dari campuran tepung beras, telur, dan gula merah. Semua bahan tersebut dibuat adonan dan didiamkan semalam, sebelum dicetak dengan alas daun pisang. Setelah itu dikukus hingga matang.

Setelah matang, Apem Comal ini bentuknya bulat pipih, mirip serabi atau kue ape dengan tekstur yang lebih merata dan lengket. Warnanya cenderung kecoklatan yang berasal dari campuran gula merah.

Saat dicicip, rasanya cenderung manis. Ada sedikit cita rasa asam yang berasal dari hasil fermentasi adonan.

Tekstur apem yang lengket mengingatkan kita pada dodol atau jenang. Rasanya yang ringan membuat kudapan ini cocok disajikan di kala santai. Untuk menambah rasa, apem juga seringkali disajikan dengan campuran kelapa parut dan areh atau santan kental.

Nah, selamat mencoba ya

Komentar