Selasa, 27 Februari 2024

Cuma di Kudus, Sego Tempe Pedes Ceu Esti Uenaknya Bikin Nagih

Vega Ma'arijil Ula
Minggu, 3 Desember 2023 13:01:00
Owner Tempe Pedes Ceu Esti, Esti Hidayati saat menyediakan menu tempe pedes. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Pecinta kuliner malam hari di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tak perlu kebingungan saat perut keroncongan. Masyarakat Kudus bisa mencoba kuliner sego tempe pedes Ceu Esti yang rasanya enak, pedas, dan bikin ingin nambah.

Sego tempe pedes ceu Esti berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim nomor 1, Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 2019 ini buka setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 18.00 WIB sampai 23.30 WIB 

Owner Tempe Pedes Ceu Esti, Esti Hidayati mengatakan, harga sego tempe pedes Rp 7 ribu per porsi. Isiannya berupa nasi putih, tempe, dan sayur lodeh. Menu itu disajikan di atas daun jati.

”Menu sego tempe pedes ini aslinya berasal dari Pati, bukan dari Kudus. Kemudian saya coba untuk bikin dan kata pelanggan rasanya enak,” katanya, Minggu (3/12/2023).

Murianews.com mencoba menu sego tempe pedes ini. Rasa tempenya begitu khas dan kuahnya terasa sedikit asam yang didapat dari rasa tempenya. 

Penyuka makanan pedas tentunya perlu mencoba menu ini. Sebab, masakannya memang dibuat pedas. Esti juga menyediakan cabai tambahan bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi pedas berlebih.

Soal porsinya lumayan banyak. Konsumen bakal kenyang usai melahap menu sego tempe ceu esti ini.

”Rasanya enak karena kuncinya ada di tempenya. Saya menggunakan tempe yang kata orang sini itu tempe semangit atau dikenal tempe bosok, tapi tempenya bukan bosok,” sambungnya.

Esti memilih tempe semangit atau dikenal dengan sebutan tempe bosok itu agar rasa tempenya lebih khas. Tempe inilah yang juga memberikan rasa kecut pada menu itu.

”Tempenya biasanya saya simpan dulu sehari, hari berikutnya baru dimasak supaya muncul bau khas tempenya,” terangnya.

Untuk bumbunya, dirinya menggunakan dengan bawang merah dan bawang putih. Agar lebih sedap dirinya menambah dengan cabai rawit.  

”Cabai rawitnya yang banyak. Untuk bumbunya sederhana hanya bawang merah dan bawang putih,” ujarnya.

Selain menjual sego tempe pedes, dirinya juga menyediakan beragam varian menu. Di antaranya lodeh tewel Rp 7 ribu, gule tunjang Rp 10 ribu, semur tahu dan tempe Rp 7 ribu, dan telur puyuh Rp 14 ribu.

Menu lainnya seperti sate usus ayam juga tersedia dengan harga Rp 3 ribu per tusuk. Sate ati ayam Rp 5 ribu, telur dadar Rp 5 ribu, tempe Rp 1 ribu dan tumis kangkung dan nasi Rp 7 ribu.

”Harapan kami usaha saya dapat lebih berkembang dan bisa buka cabang,” imbuhnya.

Nah bagi Kamu yang penasaran bisa melihat ulasannya di Murianews TV dalam program Sak Jose di sini

Editor: Supriyadi

Komentar