Selasa, 27 Februari 2024

Tempe Kemul Lenk Dopang Kudus, Enaknya Bikin Nagih

Vega Ma'arijil Ula
Sabtu, 27 Januari 2024 15:06:00
Menu tempe kemul dan gedang goreng kriuk ala Lenk Dopang. (Murianews/Vega Ma'arijil Ula).

Murianews, Kudus – Kedai Lenk Dopang, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menyajikan Tempe Kemul dan Gedang Goreng Kriuk. Sajian ini cocok disantap sambil menikmati syahdunya alam Desa Rahtawu kala mendung.

Rina Rahayu Sutanti, Owner Lenk Dopang mengatakan, kedua menu tersebut saat ini sedang laris-larinys. Harganya yang terjangkau dan porsinya yang lumayan mengenyangkan jadi rujukan para wisatawan.

Dalam satu porsinya ada lima potong Tempe Kemul. Menariknya irisan tempenya tergolong tebal. Meski begitu bumbunya meresap sehingga membuat lidah tak berhenti goyang.

”Tempe Kemul ini ya mendoan. Kami beri nama tempe kemul supaya lebih unik saja. Irisannya juga tebal, berbeda dari kafe biasanya yang cenderung diiris tipis,” katanya, Sabtu (27/1/2024).

Selain itu, Tempe Kemul buatannya selalu disajikan fresh dan hangat. Dengan begitu, orang yang menyantap memiliki kesan apik dan selalu ingin kembalu.

”Kami sajikan hangat, setiap ada pesanan kami buatkan. Kalau nyetok nanti tidak hangat tempenya,” sambungnya.

Satu porsi Tempe Kemul harga juga relative murah. Per porsinya dujual dengan harga Rp 10 ribu. Sedangkan gedang goreng kriuk yang tersedia di Lenk Dopang juga spesial. Pisangnya menggunakan pisang byar.

”Kami pilih menggunakan pisang byar karena rasanya lebih enak, gurih, dan manis. Selai itu saat ditoping juga enak dan tidak merubah rasa,” terangnya.

Dalam sehari, ia mengaku bisa menghabiskan 60 porsi tempe kemul dan 25 porsi gedang goreng kriuk. Mayoritas pengunjung menyantap usai berenang di Lenk Dopang ini.

”Cocok disantap setelah berenang. Habis dingin-dingin lanjut menyantap yang hangat,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Komentar