Selasa, 27 Februari 2024

Suka Gudeg Jogja? Begini Cara Bikinnya

Vega Ma'arijil Ula
Selasa, 30 Januari 2024 16:07:00
Kuliner Gudeg Jogja yang dijual di Kudus. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Bagi kamu penggemar kuliner Gudeg Jogja, jangan takut tak bisa menikmati kuliner khas Yogyakarta ini. Pasalnya, Gudeg Jogja ini bisa dibuat sendiri di rumah dan caranya cukup gampang.

Penjual Gudeg Jogja di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sutono membeberkan tata cara membuat Gudeg Jogja yang enak dan lezat. Cara buatnya sederhana dan dapat dicoba di rumah.

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan nangka muda. Kemudian nangka tersebut dicuci dan direbus selama delapan hingga sembilan jam.

”Air hasil rebusan dibuang saja. Sedangkan nangka atau tewel yang sudah direbus tadi ditumbuk dan diberi bawang merah, bawang putih, santan, dan gula merah,” katanya, Selasa (30/1/2024).

Setelah ditumbuk, nangka atau tewel tersebut dioseng. Durasi mengosengnya tiga jam. Setelah itu dibiarkan selama dua hari sebelum dinikmati.

”Kalau mau dijual juga bisa. Misalnya hari Senin ngoseng, dijualnya hari Rabu, tetapi setiap harinya harus dipanaskan,” sambungnya.

Hal itu dilakukan agar tewel layu, sehingga lunak atau empuk ketika disantap. Setelah itu, langkah selanjutnya menyiapkan rambak atau kulit sapinya.

”Kami pakainya rambak kulit sapi, walaupun terkadang ada juga penjual gudeg yang memakai kulit kerbau. Kalau kami pakainya sapi agar tidak terlalu alot,” terangnya.

Selanjutnya, dilanjutkan membuat ayam opornya. Penyajian ayamnya disuwir dan diberi santan.

”Setelah semua selesai dilakukan, ya tinggal disantap,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Komentar