Selasa, 27 Februari 2024

Soto Indonesia Punya Beragam Varian, Ini Perbedaannya

Zulkifli Fahmi
Senin, 9 Oktober 2023 15:03:00
Soto Kebo khas Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Indonesia memiliki kekayaan kuliner. Salah satunya adalah soto.

Coba deh sebut macam-macam soto yang pernah kamu temui. Ada soto Kudus, soto Lamongan, soto Semarang, soto Padang, soto Betawi, soto Banjar, dan sebagainya.

Setiap varian itu memiliki ciri khasnya masing-masing. Soto Kudus misalnya, yang menggunakan daging kerbau.

Melansir dari Kompas.com, Guru Besar Universitas Gadjah Mada Prof Murdijati Gardjito mengatakan di Indonesia ada 75 varian soto yang tersebar. Wow! Ternyata ada 75 varian.

Ia menyebut, dari jumlah itu 61 jenis soto atau 81,33 persennya berada di Jawa dan Madura. Sisanya, tersebar di Sumatera, NTB, Sulawesi, dan Kalimantan.

Dan soto-soto itu berbeda dengan menyesuaikan potensi setiap daerah. Dari hasil penelusurannya, ada 42 variasi bahan membuat soto.

Bahan yang paling banyak digunakan adalah daging ayam (52 persen), tauge (38, 67 persen), sohun (34,67 persen), telur (29,33 persen), dan daging sapi (28 persen).

Adapun kuah soto di Indonesia dibedakan menjadi dua, yakni berwarna dan bening. Kuah berwarna kuning mendominasi sekitar 64,58 persen dibandingkan dengan warna kecoklatan (4,17 persen) dan lainnya (31,25 persen).

Tidak hanya itu, bumbu yang digunakan untuk memasak soto pun beraneka ragam. Ada enam bumbu paling penting untuk digunakan.

Enam bumbu itu yakni bawang putih (98,67 persen), bawang merah (88 persen), merica (72 persen), jahe (68 persen), kunyit (56 persen), dan serai (56 persen).

Sementara bahan pelengkap yang biasa digunakan adalah bawang merah goreng, daun bawang, seledri, dan jeruk nipis.

 

Komentar