Selasa, 27 Februari 2024

Resep Wedang Asle, Minuman Penjaga Kehangatan Tubuh Khas Solo

Zulkifli Fahmi
Senin, 11 Desember 2023 16:26:00
Wedang Asle. (Instagram/@jajansolo)

Murianews, Kudus – Musim hujan seperti saat ini, kuliner yang menghangatkan menjadi rujukan. Mulai dari makanan berkuang hingga wedang-wedangan, salah satunya wedang asle.

Minuman ini disebut berasal dari Kota Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Di Kota Solo, banyak yang pedagang yang menjajakan wedang asle ini. Mulai dari gerobak hingga pedagang pangkalan seperti di seputaran Manahan.

Meski disebut khas Solo, wedang ini ternyata bukan dari wilayah itu. Wedang ini ternyata aslinya dari Malang, Jawa Timur. Suhu kota Malang yang dingin, cocok dengan kuliner hangat seperti wedang asle ini.

Namun, pada perkembangannya, wedang asle menyebar pesat di Solo. Sehingga, minuman ini disebut wedang khas Solo.

Wedang ini berbahan ketan, potongan roti tawar, gula pasir, agar-agar, dan santan yang telah dimasak. Berikut resep wedang asle seperti dikutip dari laman Fimela.

Bahan:

200 gr ketan
120 gr kacang hijau
1 bungkus sagu mutiara
roti tawar secukupnya, potong dadu
kacang sangrai secukupnya, tanpa kulit

Kuah santan:

800 ml santan
2 sdm gula merah
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt vanili

Cara membuat:

Kukus ketan dengan sedikit taburan garam hingga matang. Rebus kacang hijau dengan sedikit gula dan satu lembar daun pandan. Rebus sagu mutiara dengan sedikit gula hingga matang.

Panaskan santan, masukkan semua bahan dan aduk rata hingga larut dan sedap. Aduk terus agar santan tidak pecah. Setelah matang, angkat.

Tata semua bahan rebus dan kukus beserta roti tawar dan kacang di dalam mangkuk sesuai selera. Tuang dengan kuah santan hangat.

Komentar