Selasa, 27 Februari 2024

Gurihnya Sego Berkat Ontong, Punya Cita Rasa Sakjose Tenan

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 27 Januari 2024 16:40:00
Sego berkat ontong di Pasar Kuliner Jadul Menara Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bagi warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) tentu tidak asing dengan penganan sego berkat jangkrik, sego berkat pedho dan sego berkat uyah asem yang semuanya memiliki rasa yang sakjose tenan.

Namun pernahkan kamu mencicipi Sego Berkat Ontong? Layaknya sego berkat khas Kudus Kulon pada umumnya, sego berkat ini juga dibungkus dengan daun jati. Yang membedakan hanyalah isian atau lauk dari sego atau nasi berkat tersebut. Cita rasanya pun Sakjose tenan

Nasi berkat ontong ini sedang dijual di Pasar Kuliner Jadul Ta’sis Masjid Menara Kudus ke 489 tahun 2024 di Taman Menara Kudus. Festival makanan ini digelar sejak Kamis (20/1/202) hingga Selasa (30/1/2024) mendatang.

Murianews.com mencoba mencoicipi penganan ini. Sama seperti namanya, Sego Berkat Ontong memiliki lauk ontong, alias jantung pisang. Tekstur rasanya hampir mirip dengan tewel (Nangka) pada nasi berkat jangkrik ataupun pedho. Namun bisa dibilang, ontong lebih lembut dan lebih empuk lagi.

Jantung pisang dalam nasi berkat ontong diolah dengan santan dan rempah dapur pilihan. Dalam memasaknya, mereka menggunakan Teknik cem-ceman alias di masak bersamaan hingga bumbu meresap ke dalam jantung pisang.

Berkat itu pula, rasa dari jantung pisang ini lebih cenderung ke gurih dan asin. Berbeda dengan nasi jangkrik yang memiliki dominan rasa manis gurih.

Selain ontong sebagai lauk utama, pada penganan ini juga diberi lauk sampingan yakni tahu, tempe dan juga teri asin sebagai pelengkapnya. Nasi yang pulen dan lembuh akan semakin blend dengan citarasa gurih dan asin dari ontong pisang.

Bila kamu berminat, kunjungilah festival kuliner itu. Banyak aneka penganan jadul alias tempo dulu dihadirkan. Tercatat ada sekitar 25 stan penjual yang menjajakan penganan-penganan khas jaman dulu.

Pembukaan kegiatan Ta'sis sendiri sudah berlangsung di pelataran Menara Kudus, di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) Kamis (26/1/2024) malam.

Mengusung tema Merawat Pranatan Menjaga Peradaban, Ta’sis Menara menghadirkan banyak agenda yang bisa kamu ikuti.

Seperti Parade Hadrah dan Tembayatan Punden Belik, Pembacaan Maulid Al-Barzanji, Bahtsul Masail, Kirab Punden dan Belik hingga Terbang Kolosal dan Muhibah Internasional

Komentar