Selasa, 27 Februari 2024

Resep Tumis Pare Tempe buat Lauk di Rumah, Dijamin Enggak Pahit

Dani Agus
Selasa, 10 Oktober 2023 18:25:00
Pare (freepik.com)

Murianews, Kudus – Pare merupakan salah satu tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran sehari-hari. Terutama masyarakat desa karena bisa menanam sendiri di pekarangan.

Meski demikian, sebagian orang ada yang kurang suka dengan pare. Salah satu alasannya karena rasa pare yang pahit.

Dibalik rasa yang pahit ini, pare punya banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dimungkinkan karena banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada pare tersebut.  Dari berbagai kandungan nutrisi dari buah pare tersebut, buah ini bisa memberikan manfaat untuk melawan penyakit.

Bagi yang kurang suka rasa pahit pada pare tidak perlu risau. Pasalnya, rasa pahit itu bisa dihilangkan jika cara mengolah pare dilakukan dengan tepat.

Pare bisa diolah jadi beragam menu kuliner lezat. Salah satunya tumis pare tempe.

Nah, berikut cara masaknya, dilansir dari laman Sasa, Selasa (10/10/2023).

Bahan:

2 buah pare, olah seperti cara di atas

200 gram kacang panjang, potong pendek

200 gram tempe, potong dadu

2 potong lengkuas

1/2 sdt gula

3 siung bawang putih, iris halus

2 lembar daun salam

1 sdm kecap manis

1/4 sdt garam

250 ml air

1 bungkus Sasa bumbu ekstrak kaldu ayam

Cara memasak tumis pare:

Tumis bawang putih iris, lalu masukkan daun salam dan lengkuas, aduk hingga rata.

Masukkan tempe, air, Sasa bumbu ekstrak kaldu ayam, garam, gula, dan kecap manis secukupnya sesuai selera. Aduk rata lagi.

Masukkan potongan kacang panjang dan irisan pare. Usahakan potongan kacang panjang berukuran 3 cm saja, lalu tumis sampai matang.

Cara Masak Pare agar Tidak Pahit

1. Pemilihan pare

Pilih pare yang masih muda dan segar, dengan kulit yang berwarna hijau cerah dan tanpa tanda-tanda kerusakan. Hindari memilih pare yang terlalu tua atau memiliki bintik-bintik coklat pada kulitnya, karena pare tua memang terasa lebih pahit.

2. Bersihkan dan kupas pare dengan benar

Meskipun kamu memiliki pare yang sudah agak tua yang cenderung pahit, tapi kamu bisa maksimalkan di proses pembersihan dan pengupasannya. Cara menghilangkan pahit pare selanjutnya adalah mencuci pare dengan air bersih atau bisa gunakan sikat lembut untuk membersihkan kulitnya.

Nah, ini yang tidak boleh di skip: membuang bagian tengah pare. Cara menghilangkan pahit pare salah satunya adalah dengan membuang bagian pare yang berwarna putih di tengahnya, termasuk bijinya juga, ya, karena bagian putih inilah yang paling pahit.

3. Masak dalam bentuk irisan pare

Cheat masak pare agar tidak pahit lainnya adalah dengan mengiris pare. Hah, kok bisa? Ternyata, irisan pare punya rasa pahit yang lebih sedikit daripada potongan pare seperti yang biasa kita temui di siomay. Jadi, kalau kamu mau mengolah pare agar tidak pahit, cobalah masak pare dalam bentuk irisan. Makin tipis, rasa pahitnya semakin menghilang, lho. Nah, dalam bentuk irisan, pare juga lebih mudah diolah menjadi beragam hidangan selain siomay.

4. Rendam pare dalam air garam

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran dan buah, termasuk pare, adalah dengan merendamnya dalam air garam. Anda bisa siapkan mangkuk berisi air garam dengan perbandingan satu sendok makan garam dalam satu liter air.

Masukkan potongan pare ke dalam air garam dan biarkan merendam selama sekitar 15-20 menit. Kamu juga bisa uleni atau remas-remas pare pada rendaman agar cairan pare keluar semua dan tekstur pare semakin terasa layu.

5. Rebus pare agar lebih maksimal

Supaya makin yakin rasa pahit pada pare tidak akan mengontaminasi masakan, kamu juga bisa merebusnya setelah direndam dalam air garam. Ini bisa membantu mengurangi rasa pahit yang masih tersisa. Tak perlu lama-lama agar tekstur pare tidak lembek. Setelah direbus, tiriskan pare dan bilas dengan air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Itulah tips yang bisa kamu coba saat akan mengolah pare agar tidak pahit.

 

Komentar