Selasa, 27 Februari 2024

Pecel Golkar Jepara, Menawarkan Sensasi Rasa Berbeda

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 31 Januari 2024 16:07:00
Lezatnya Pecel Golkar legendaris yang akan memuaskan hasrat berkuliner. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara Pecel sudah menjadi kuliner yang nyaris di setiap daerah bisa mudah ditemui. Bedanya, masing-masing daerah memiliki varian dan nama-nama unik yang bisa menarik para pembeli.

Di Jepara sendiri, ada satu warung pecel legendaris. Namanya Pecel Ringin Golkar. Kebanyakan orang menyebutnya dengan Pecel Golkar Jepara. Tapi, nama ini tentu saja tidak ada hubungannya secara langsung dengan partai politik.

Bagi orang yang belum pernah mendengar, mungkin akan mengira bahwa kuliner khas orang desa itu diproduksi oleh Partai Golongan Karya (Golkar). Namun sebenarnya tidak demikian.

Penjual Pecel Golkar ini adalah Bu Win. Sudah puluhan tahun warung kecil dan sederhana miliknya itu berdiri. Lokasinya berada di dekat Kompleks kantor Golkar di Jepara.

Itulah kenapa, sehingga warung pecel milik Bu Win ini akhirnya tersohor dengan nama Pecel Golkar Jepara. Penyebabnya tentu saja, karena warung ini berada satu kompleks dengan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Jepara.

Lokasinya, di Jl HOS. Cokroaminoto, Kelurahan Kauman, Kecamatan Jepara. Letaknya hanya sekitar 50 meteran dari Gedung Wanita Jepara yang juga terkenal.

Warung Pecel Golkar berada persis di bawah rindangnya pohon beringin yang kebetulan memang tumbuh di sekitaran kantor Golkar. Dari sisi rasa, pecel yang dijual di sini, bisa dikatakan memiliki taste spesial.

Rasanya yang lain daripada yang lain membuat Pecel Golkar memiliki basis pembeli tersediri. Penikmatnya sangat banyak, dan disinyalir berasal dari masyarakat kelas menengah ke atas.

Kebanyakan orang menilai, Pecel Golkar ini satu dari sedikit warung yang menjual pecel dengan varian sayur paling lengkap di Kota Ukir. Tak hanya kacang panjang, toge dan kangkung. Pecel Golkar melengkapi kelezatannya dengan sayur rebung dan rumput laut.

Rumput laut sendiri kerap menjadi incaran pemburu kuliner Jepara yang notabene kawasan pesisir dan penghasil rumput laut. Rasanya unik, namun menimbulkan sensasi klethus-klethus saat dikunyah.

Pembeli bisa memesan Pecel Golkar dengan selera masing-masing. Bisa dengan nasi, lontong atau horog-horog. Horog-horog sendiri merupakan kuliner khas Jepara yang terbuat dari sagu.

Dengan varian yang lengkap itu, maklumlah jika harga Pecel Golkar relatif lebih mahal dibanding pecel-pecel lainnya. Untuk satu porsi lontong pecel, dua buah gorengan dan satu teh panas misalnya, harganya berkisar Rp20 ribu.

Namun jangan salah, harga yang relatif mahal itu tetap menjanjikan rasa sedap dan lezatnya Pecel Golkar. Lidah akan dimanjakan dengan bumbu kacang dan bumbu rahasia yang memikat. Selain itu yang lebih penting lagi, porsi Pecel Golkar sangat cukup untuk memenuhi perut.

Editor: Budi Santoso

Komentar