Selasa, 27 Februari 2024

Mampir ke Pekalongan, Jangan Lupa Cicipi 3 Kuliner Lezat Ini

Supriyadi
Kamis, 31 Agustus 2023 16:17:00
Sego Megono. (Endeus.tv)

Murianews, Pekalongan – Kabupaten Pekalongan cukup terkenal di Indonesia. Selain batik dan destinasi wisatanya, daerah ini juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan bikin ketagihan.

Nah, bagi kamu yang mampir ke Pekalongan, kamu harus menyantap kuliner khasnya. Setidaknya ada tiga makanan yang wajib kamu coba. Apa itu?

Sego atau Nasi Megono

Sego Megono merupakan kuliner khas yang paling terkenal. Bagi perantau yang berasal dari daerah ini, jika pulang kampung yang diburu adalah nasi megono. Biasanya nasi ini dimakan pagi hari untuk sarapan, terkadang juga malam hari.

Untuk urusan rasa nasi megono betul-betul khas, tiada duanya. Bila berkunjung ke Kabupaten Pekalongan rugi jika tak mencicipinya.

Sego Megono itu artinya nasi lauknya megono. Masak nasinya biasanya memakai "dandang", oleh karena itu orang di sana menyebutnya "sego didang".

Namun, ada pula yang memasaknya menggunakan langseng dan ada pula yang memasak nasinya seperti biasa seperti masak nasi pada umumnya.

Megono itu dibuat dari nangka muda yang dicincang kecil-kecil lalu dikukus dengan bumbu rempah-rempah dicampur parutan kelapa muda. Aroma dan rasa megono sangat khas, jika dicoba bakal ketagihan.

Biasanya kalau makan nasi megono tambahan lauknya tempe goreng ada yang kering dan ada yang setengah kering.

Harga sego megono "seplincuk" (bungkus pakai daun pisang direkat pakai sepotong lidi, orangn daerah sana menyebut biting) sekitar Rp5.000 itu sudah termasuk sepotong tempe goreng.

Bila bertandang ke Kabupaten Pekalongan sangat mudah mendapatkan sego megono, karena sego megono di jual di kaki lima, warung pinggir jalan, warung kopi, warung tegal, dan sampai rumah makan.

Soto Tauco

Orang daerah ini menyebutnya "Taoto". Soto ini berbeda dengan soto dari daerah lain.

Jika soto dari daerah lain biasnya berwarna kuning segar, tapi soto dari Kabupaten Pekalongan berwarna coklat keruh. Hal ini disebabkan oleh taocho yang menjadi bumbu utama dan membuat rasanya jadi khas.

Soto kabupaten ini terdiri dari daging sapi atau kerbau, bihun, irisan daun bawang dan lontong. Harga semangkok soto ini sangat terjangkau.

Soal rasa soto daerah ini tiada duanya, bikin ketagihan. Untuk mendapatkan soto ini mudah karena dijajakan dari kelas kaki lima, warung di pinggir jalan sampai rumah makan.

Lontong Lemprak

Kuliner jenis ini merupakan campuran lontong dengan opor. Lontong dari daerah ini pun khas, yaitu lontong dibungkus dengan daun pisang hijau dengan bentuk bulat panjang ukuran sedang.

Sedangkan opornya dari ayam kampung, santan kental untk kuah ditambah bumbu rempah-rempah sesuai selera, untuk mendapatkan makanan ini sangat mudah, karena dari kelas kaki lima sampai rumah makan tersedia dan harganya pun sangat terjangkau.

Nah, itu tadi kuliner di Kabupaten Pekalongan yang pasti bikin kamu ketagihan. Selamat mencoba.

Komentar