Selasa, 27 Februari 2024

Ayam Bakar Parijoto yang Hanya Ada di Kudus, Lezatnya Bikin Nagih

Yuda Auliya Rahman
Sabtu, 2 Desember 2023 17:13:00
Ayam bakar parijoto di Berpijar Coffee n Resto, Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Ayam bakar menjadi salah satu menu kuliner yang banyak penggemarnya. Kuliner ayam bakar pun kini banyak diinovasikan sehingga menghasilkan pengenan yang lezat, salah satunya ayam bakar parijoto yang hanya ada di Kudus.

Ayam bakar parijoto ini bisa ditemukan di Berpijar Coffee n Resto yang berada di kompleks wana wisata Pijar Park, di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Berbeda dari ayam bakar pada umumnya. Sebelum dibakar, ayam bakar parijoto ini diolah dan dibumbui dengan menggunakan bumbu rempah yang dipadukan buah parijoto khas Lereng Gunung Muria.

Perpaduan bumbu spesial ini membuat ayam bakar parijoto yang menggunakan  ayam kampung ini memiliki rasa khas manis asam yang bergitu lezat.

Tak berhenti di situ, ayam bakar parijoto juga dipadupadankan dengan sambal parijoto yang pedas dan membuat penikmatnya ketagihan.

Terlebih, di Berpijar Coffee n Resto ini, ayam bakar parijoto bisa dinikmati di bawah pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dan di tengah sejuknya udara pegunungan.

CEO Berpijar Coffee n Resto Pujiharto mengatakan, ayam bakar parijoto merupakan ayam bakar tradisional warisan leluhurnya yang diinovasikan dengan buah parijoto asli lereng Gunung Muria agar memiliki cita rasa yang lebih khas.

”Kami gunakan ayam kampung muda, bumbu rempah, kecap dan parijoto. Selain membuat variasi menu baru, kami memang ingin melestarikan warisan leluhur kami,” katanya, Sabtu (2/12/2023).

Ayam bakar parijoto ini bisa dinikmati dengan porsi ayam utuh yang bisa dinikmati sekeluarga, ataupun ayam potong. Meski termasuk menu spesial, ayam bakar parijoto ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

Cukup dengan Rp 150 ribu, sudah bisa menikmati lezatnya ayam bakar parijoto ini. ”Harga yang kami patok untuk ayam bakar parijoto ini Rp 150 ribu untuk satu ekor ayam utuh, dan Rp 32-35 ribu untuk ayam potongan,” ujarnya.

Editor: Ali Muntoha

Komentar