Selasa, 27 Februari 2024

Diusulkan jadi WBTB, Aneka Menu Horog-Horog Dilombakan

Zulkifli Fahmi
Senin, 13 November 2023 19:53:00
Lomba menu olahan horog-horog di Festival Kuliner Tradisional Jepara. (Istimewa/Jatengprov.go.id)

Murianews, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menggelar Festival Kuliner Tradisional Jepara. Dalam agenda itu, digelar lomba menu berbahan horog-horog.

Kegiatan itu diselenggarakan guna mendukung tradisional khas Jepara, horog-horog menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) 2024. Sebanyak 16 Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan di Kabupaten Jepara.

Beragam horog-horog disajikan dalam lomba itu, mulai dari salad horog-horog yang ditampilkan dari Kecamatan Batealit hingga kue lupis dan ayam suir horog-horog dari Pakis Aji.

Ada juga yang membuat horog-horog lebih modern, yakni burger horog-horog yang disajikan TP PKK Kecamatan Nalumsari. Sementara TP PKK Kecamatan Karimunjawa menyajikan kerang dan ayam bakar horog-horog, dan es teler horog (susu santan, durian, dan horog-horog).

”Horog-horog punya potensi yang luar biasa. Kami tidak menemukan horog-horog di luar Jepara. Untuk itu, kami berupaya mengangkat kuliner ini ke kancah nasional,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Mustakim, Senin (13/11/2023).

Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko menjelaskan, horog-horog merupakan makanan yang unik. Dimakan dengan makanan apapun, menjadi enak, seperti bakso, kolak, pecel, dan hanya dengan kelapa pun juga enak.

”Jika puasa. orang desa minum kolak dulu sebelum makan nasi. Biasanya disajikan kolak dengan horog-horog. Itu nikmatnya luar biasa,” kata Edy.

Edy berharap, variasi menu horog-horog bisa dikembangkan di masing-masing kecamatan. Itu bertujuan untuk membumikan makanan tradisional horog-horog dan mendukung warisan budaya tak benda di Jepara.

Edy juga berpesan agar masyarakat juga perlu memperhatikan kelestarian pohon aren, jangan sampai pohon aren di Jepara habis, gara-gara ditebang untuk membuat horog-horog.

”Ini bisa kerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sekali-kali melakukan penanaman pohon aren di gunung, sebagai upaya pelestarian aren di Jepara,” katanya.

Komentar